Language

Jumat, 13 April 2012

SEJARAH WINDOWS BAGIAN 4/KOMPUTER DAN TEKNOLOGI/CARA BELAJAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI


Sejarah Windows bagian 4

Windows XP
Menggunakan kode dengan nama “Whistlter”, Midrosoft akhirnya merilis Windows XP pada tahun 2001. Windows XP merupakan wujud keberhasilan Microsoft dalam menyatukan Windows versi-versi seblelumnya yaitu Windows versi 9.x dan Windows NT. Windows XP menggunakan kernel NT5.1 yang berhasil memasuki pasaran rumahan dan terkenal dengan kestabilanya. Dengan banyaknya kelabihan yang ditawarkan, Windows XP mampu bertahan cukup lama sebelum Microsoft merilis Windows Vista. Windows XP bertahan dari tahun 2011 hingga 2007 yang akhirnya diteruskan dengan Windows Vista yang dirilis pada 31 Januari 2012.
Beberpa versi Windows XP yang ditawarkan ke pasaran :
  • Windows XP Home Edition (ditujukan untuk pasaran rumahan)
  • Windows XP Home Edition N (merupakan sistem yang sama dengan Windows XP Home Edition, hanya saja tidak menggunakan Windows Media Player karena peraturan yang tidak mengizinkan dari Uni Eropa)
  • Windows XP Media Center Edition (MCE), dirilis pada bulan November 2002, merupakan Windos XP Home Edition yang ditujukan untuk dekstop dan laptop dengan penekanan pada hiburan rumahan.
  • Windows XP Tablet PC Edition, untuk PC tablet
  • Windows XP Embedded, ditujukan untuk sistem benam (Embedded System)
  • Windows XP Starter Edition, ditujukan untuk beberapa negara berkembang
  • Windows XP Profesional x64 Edition, ditujukan untuk jajaran prosesor Intel Itanium. Produk ini dihentikan pada september 2005.
  • Windows XP 64-bit Edition, berbasis NT 5.2.


Windows Server 2003
Dirilis pada 24 April 2003, merupakan pembaruan dari Windows Seerver 2000. Windows Server 2003 menggunakan kernel NT 5.2. di dalam versi ini beberapa layanan yang tidak terlalu dibutuhkan dalam lingkungan server, dinonaktifkan secara default demi alasan kesetabilan. Terutama “Windows Audio dan Themes, untuk dapat mengaktifkanya pengguna harus mengaktifkan secara manual melalui snap-in Microsoft Manage Console Service.msc. selain itu akselerasi perangkat keras untuk kartu grafis juga dimatikan.
Pada Desember 2005, Microsoft merilis Windows Server 2003 R2, merupakan versi Windows Server 2003 service pack 1 dengan beberapa paket tambahan. Penambahan fitur-fitur tersebut diantaranya adalah manajemen kantor-kantor cabang, dan integrasi identitas yang luas.
Beberapa versi Windows Server 2003
  • Windows Server 2003, Web Edition
  • Windows Server 2003, Standart Edition
  • Windows Server 2003, Enterprise Edition(32-bit dan 64-bit)
  • Windows Server 2003, Data Center Edition
  • Windows Server 2003, Small Business Server

Windows Fundamentals for Legacy PCs
Microsoft kembali merilis Windows XP dengan seri service pack 2 pada bulan Juli 2006. Sasaranya adalah untuk pasar thin client. Namun Windows Fundamentals for Legacy PCs (WinFLP) hanya disediakan untuk para pelanggan Microsoft Assurance, dengan tujuan untuk memberikan pilihan Up grade pada para pelangganya yang masih menggunakan Windows 95, 98, Windows Me dan Windows NT Workstation. Sebagian besar aplikasi pengguna dijalankan jarak jauh dengan menggunakan Terminal Services dan Citrix.

Windows Vista
Kesuksan besar yang diraih oleh Microsoft dengan Windows XP, tidaklah membeuat Microsoft merasa puas untuk terus melakukan pengambangan pada Windows. Pada tanggal 30 November 2006 kembali Microsoft merilis sebuah Sistem Operasi Windows versi baru yang ditujukan untuk kalangan bisnis yang dijuluki dengan Windows Vista. Sedangkan Windows Vista untuk kalangan rumahan Microsoft merilisnya pada 30 januari 2007. Rancanagan dari Windows vista dibuat agar memiliki keamanan yang lebih tangguh dibandingkan dengan versi-versi pendahulunya, dengan sebuah modus pengguna terbatas, yang disebut dengan User Account Control (UAC). Fitur pada windows Vista juga dirancang agar lebih memikat atau yang disebut dengan Windows Aero GUI, degan beberapa aplikasi baru seperti Calendar, Windows DVD Maker, game Chess Titans, Mahjong, Purple Place, Internet Explorer yang lebih aman dan Windows Media Player terbaru versi 11.
Beberapa edisi yang ditawarkan oleh Windows Vista :
  • Windows Vista Starter
  • Windows Vista Home Basic
  • Windows Vista Home Premium
  • Windows Vista Busines
  • Windows Vista Enterprise
  • Windows Vista Ultimate

Windows Home Server
Yang sebelumnya memakai nama kode Q (Quatrro) merupakan sebuah produk server yang diturunkan dari Widows Server 2003, didesain khusus untuk pengguna rumahan. Bill Gates memperkenalkan sistem tersebut pada 7 Januari 2007. Windows Home Srver dapat dikonfigurasikan dan dipantau dengan menggunakan program console yang dapat di instalkan pada sebuah PC klien. Windows ini memiliki fitur media sharing, backup terhadap drive lokal dan drive jarak jauh dan dipublikasi berkas. 

Windows Server 2008
Dirilis pada 27 Februari, sebagai revisi dari Windows Server, pada saat pengembangan Windows Server diberi nama “Windows Server Longhorn”. Windows Server 2008 dirancang dengan beberapa keunggulan teknologi dan keamanan yang pada awalnya diperkenalkan dengan Windows Vista, dan dutujukan agar lebih modular secara signifikan, dibanding dengan pendahulunya Windows Server 2003.

Windows 7
Setelah Windows Vista, versi selanjutnya adalah Windows 7, yang sebelumnya dikeanal dengan sebutan Blakcomb dan vienna. Pada saat pertama kali dirilis Windows 7 menggunakan kernel NT versi 6.1 build 7600, merupakan perbaikan dari Windows Vista yang pada saat dirilis menggunakan kernel NT 6.0 build 6000. Windows 7 yang dirilis pada 29 Oktober 2009 memiliki keamanan dan fitur-fitur baru, diantaranya :Jump List (taksbar yang membuka program dengan tampilan kecil), Windows Media Player 12, Internet Explorer 8, dll. Slidbar diganti dengan gadget yang dapat dipindah-pindah dan ditaruh dimana-man pada dekstop. Spesifikasi Windows 7 juga lebih ringan dan berharga lebih murah dibandingkan dengan Windows Vista. 
Windows 7 juga terdiri 6 edisi yaitu:
  • Windows 7 Starter
  • Windows 7 Home Basic
  • Windows 7 Home Premium
  • Windows 7 Professional
  • Windows 7 Ultimate
  • Windows 7 Enterprise

Sejarah Windows Bagian 1Sejarah Windows Bagian 2Sejarah Windows bagian 3 ; Sejarah Sistem Operas MS-DOS; Sejarah Komputer Generasi Pertama (1)Sejarah Komputer Generasi Ke Dua (2); Sejarah Komputer Generasi Ke Tiga (3); Sejarah Komputer Generasi Ke Empat (4)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar