Language

Sabtu, 31 Maret 2012

SEJARAH WINDOWS BAGIAN 1/KOMPUTER DAN TEKNOLOGI/CARA BELAJAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI

Sejarah windows Bagian 1

Windows 1.0
Windows 1.0., ini adalah sebutan untuk Sistem operasi Windows saat pertama kali dirilis pada tanggal 20 November 1985. Tidak berbeda dengan hal-hal lain, pada versi pertama pastilah memilki  banyak kelemahan, pada versi windows 1.0 juga memiliki banyak kekurangan pada fungsionalitasnya dan juga kurang begitu populer karena kekurangan tersebut. Interface Manager, sebuah nama yang awalnya direncanakan untuk menjuluki Sistem Operasi tersebut, namun kepala bagian Microsoft Corporation (Rowland Hanson) meyakinkan orang-orang penting di Microsofft Corporation bahwa nama “Windows” akan lebih menarik konsumen. Windows 1.0 merupakan pengembangan dari MS-DOS dengan tambahan antrmuka grafis, bukan merupakan sistem operasi yang lengkap. Masalah dan kelemahan yang dimiliki oleh Windows 1.0 juga masih sama dengan MS-DOS. Selain itu, tuntutan dari Apple juga memaksa Microsoft utuk membetasi kemampuan Windows. Seperti, jendela-jendela di dalam Windows 1.0 hanya dapat dibuka secara tile saja, tidak dapat saling menimpa antar jendela yang lainya. Windows 1.0 juga tidak memiliki Recycle Bin (tempat pnyimpanan berkas sementara sebelum dihapus), hal ini disebabkan karena pihak Apple meyakini bahwa mereka memiliki hak terhadap paradigma tersebut. Untuk membuang limitasi tersebut dari windows, Microsoft menandatangani perjanjian lisensi dengan Apple.

Windows 2.x
Dalam selang waktu kurang lebih dua tahun, akhirnya microsoft merilis Windows versi 2.x pada tanggal 9 Desember 1987. Pada versi ini memliki kedekatan dengan aplikasi grafis buatan Microsoft, Microsoft Excel for Windows dan Microsoft Word For Windows. Aplikasi-aplikasi Windows dapat dijalankan dari MS-DOS, kemudian masuk ke dalam Windows untuk menjalankan operasinya, dan akan keluar dengan sendirinya ketika aplikasi ditutup. Hal tersbut telah membuat windows versi 2.x menjadi sedikit lebih populer dari windows 1.0.
Peningkatan signifikan diperoleh oleh microsoft windows saat Adus PageMaker muncul dalam versi untuk Windows, yang sebleumnya hanya dapat dijalankan pada sistem operasi Macintosh. Modus real adalah model yang digunakan Windows versi 2.x, yang  hanya mampu mengakses memori hingga 1Megabit saja. Dalam konfigurasi seperti itu, Windows dapat menjalankan sitem multitasking, semacam DSQview, yang berjalan dalam modus terproteksi yang ditawarkan intel 8028.

Windows 2.1x
Kembali Microsoft merilis perkembangan barunya, untuk kali ini ada 2 versi Windows yang dirilis, yaitu Windows/286 2.1 dan Windows/386 2.1. seperti versi pendahulunya Windows/286 2.1 menggunakan memori modus real, tetapi versi pertama yang mendukung High memory Are (HMA), Windows/386 2.1 bahkan memiliki kernel yang berjalan dalam modus terproteksi dengan emulasi expanded Memory Specification (EMS), Standar-Intek-Microsoft (LIM), pendahulu spesifikasi Extended Memory Specification (XMS). Yang kemudian mengubah topologi komputasi di dalam IBM PC. Modus real yang berjalan diatas kernel modus terproteksi dengan menggunakan virtual 8086 memang masih di gunakan di dalam semua aplikasi Windows dan MS-DOS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar