Language

Kamis, 22 Maret 2012

Sejarah Sistem Operasi Komputer/Sejarah MS DOS/Cara Belajar Komputer dan Teknologi

SEJARAH MS DOS (microsoft Disk Operating System)
Windows 7, windows Vista, dan windows XP, ya..... mungkin itulah sistem operasi yang kita jumpai dan kita ketahui pada masa sekarang. Sistem operasi dengan tampilan yang menarik, indah untuk dilihat dan menawarkan banyak kemudahan bagi pengguna komputer. Tetapi sebelum sistem-sistem operasi tersebut diciptakan oleh MS-Windows, sebelumnya telah melalui berbagai evolusi yang cukup panjang dan mungkin tidak akan pernah berhenti melakukan perkembangan ke masa depan hanya pada apa yang bisa kita jumpai sekarang. Sekedar untuk mengetahui sejarah bagaimana proses tercapainya keindahan dan kemewahan, kemudahan dan kacanggihan yang bisa kita nikmati sekarang. seperti kata pepatah “seekor anak elang tidak akan langsung bisa terbang dan berburu mangsanya”. Begitu juga dengan sistem operasi komputer yang awalnya menggunakan MS-DOS dan terus berkembang hingga sekarang. MS-DOS merupakan salah satu kunci keberhasilan Microsoft dalam memproduksi perangkat lunak, dari sebuah perusahaan kecil pembuat bahasa pemrograman saat didirikan hingga menjadi sebuah perusahaan perangkat lunak yang seolah menguasai dunia.
Sejarah MS-DOS
Versi 1.00
Sebuah sistem operasi yang sangat minim dengan fasilitas,  tidak memiliki tampilan untuk mengelola data, apa lagi sitem jaringan komputer seperti sekarang,mungkin saat itu belum terpikirkan atau mungkin belum dibutuhkan?? sitem operasi ini juga hanya mendukung PC IBM model 5150 dan perangkat keras disket single-side floppy yang berukuran 51/2 inchi dengan kapasitas hanya 16K saja. MS-DOS Versi 1.00 dibuat pada 12 Agustus 1981 dan merupakan versi awal MS-DOS yang pertama kalinya duluncurkan oleh mocrosoft.Denganfile-file : BASIC.COM; BASICA.COM; CHKDSK.COM; COMP.COM;DEBUG.COM;DISKOMP.COM;DISKCOPY.COM;EDLYN.COM;EXE2.COM;FORMAT.COM;LABEL.COM;MODE.COM;RAMCLEAR.COM;SETLOCK.COM;SYS.COM;Berlanjut ke :
Versi 1.1
Pada bulan Mei tahun 1982 MS-DOS meluncurkan versi 1.1, untuk versi ini MS-DOS dapat mendukung floppy disk dengan kapasitas 320K, tetapi file-file yang ada di dalamnya masih tetap sama seperti pada seri sebelumnya. Hal ini merupakan akibat dari peluncuran produk baru IBM yaitu floppy disk drive baru untuk untuk double-side dengan ukuran 51/2 inchi dan berkapasitas 320K yang dapat menampung dua kali lebih banyak dibanding dengan sebelumnya.
Versi 1.25
Mei 1982 rilis pertama kali dari klon IBM PC. IBM PC dan Klon IBM PC yang kompatible dengan IBM PC sangat sukses di pasaran. Hal ini juga membawa kesuksesan untuk tiga perusahaan, microsoft, Intel dan IBM. File yang ada di dalamnya pun bertambah dari versi sebelumnya. ASSIGN.COM;CHDIR/CD.COM;COLOR.COM;LESS.COM;LESS.COM;MKDIR/MD.COM;MORE.COM;RMDIR/RD.COM;SHORT.COM;TREE.COM.
Versi 2.0
Dengan ditemukanya kebutuhan yang bisa diterapkan pada sitem komputer, maka semakin ditingkatkan pula kapasitas yang diciptakan, pada bulan Maret 1983, MS-DOS kembali membuat versi berikutnya dengan nama 2.0, pada versi ini MS-DOS dapat mendukung floppy disk 320K, penggunaan struktur direktori yang hierarkis(bercabang), dan mendukung beberapa fungsi dari UNIX, seperti penggunaan print spooler dan I/O redirection. Print spooler adalah fitur penyimpanan data sebelum data yang akan dicetak, tidak langsung tercetak tetapi disimpan terlebih dahulu, sehingga pencetakan dapat lebih cepat, print spooler juga berfungsi ketika dalam pencetakan kehabisan kertas maka pengguna hanya perlu menambahkan kertas dan menekan tombol resume. Sedangkan untuk I/O sendiri digunakan untuk melakukan fungsi input dan output yang dilakukan dari baris perintah. Selain Mengadopsi fitur dari unix pada versi ini juga memberi keleluasaan kepada pengguna untuk dapat memasang driver pada DOS, dengan mengitegerasikanya di dalam berkas konfigurasi CONFIG.SYS;GRAPHICS.COM;GRAFTABL.COM;PARK.COM;PRINT.COM;BACKUP.EXE;RESTORE.EXE.
Versi 2.05
April 1983, mendapatkan dukungan tambahan berupa huruf Kanji (jepang).
Versi 2.10
Oktober 1983, tidak memilki perubahan yang mencolok.
Versi 2.11
Maret 1984, tidak memilki perubahan yang mencolok.
Versi 3.00
Agustus 1984, pada versi 3.00 MS-DOS kembali menambahkan beberapa fitur, untuk kali ini MS-DOS dapat mendukung untuk sistem jaringan, walaupun hanya terbatas pada konsep jaringan workgroup saja dan terkoneksi klien-server. Teknologi jeringan yang dapat digunakan adalah keluaran IBM yaitu token ring pada sistem operasi. Pada versi ini floppy disk yang digunakan telah mengalami perubahan menjadi berukuran 31/2 inchi low-density dengan kapasitas 720K. Dan penambahan file APEND.COM;FC.EXE;FDISK.EXE;NLSFUNCH.EXE.RECOVER.COM
Versi 3.10
Pengembangan jaringan sehingga dapat mendukung jaringan lokal, LAN (Local Area Network) dengan komponen MS-NET. Beberapa tambahan file juga terus dilakukan SUBST.EXE;SELECT.COM;FIND.EXE;SHARE.EXE;REPLACE.EXE
Versi 3.20
Pada awal tahun 1986 menambahkan dukungan untuk topologi jaringan token ring dan floppy disk dengan ukuran 3.5 inchi dan berkapasitas 720K dan tambahan file XCOPY.EXE
Versi 3.30
April 1987, MS-DOS 3.3 dapat mendukung floppy disk 31/2 inchi hugh-density yang memilki kapasitas 1.44M. pada MS-DOS versi 3 dapat mendukung partisi pada hardisk yang memiliki kapasitas hingga 32M, atau 12 M lebih tinggi dibandingkan dengan versi pendahulunya MS-DOS 2.0 dengan penambahan file FASTOPEN.EXE dan FASTHELP.EXE.
Versi 4.00
Pertengahan tahun 1998, pada bulan Juni tampilan grafis pada sistem operasi mulai banyak dijumpai. Pada tahun 1985 microsoft juga meluncurkan Windows versi 1.0 dan versi 2.0 pada tahun 1989. Program shell dengan nama DOS Shell, yang memiliki tampilan seperti DOS Executive milik Windows versi 1.0 juga diterpakan ke dalam MS-DOS versi 4.00 ini. Dalam versi ini juga didukung dengan adanya mouse yang dapat mempermudah pengguna dan juga penambahan file MOUSE.COM;HIMEM.SYS;SETVER.EXE;MIRROR.COM;SMARTDRRV.EXE.
Versi 4.01
Diciptakan pada November 1988, dan hanya mendapatkan tambahan file RAMDRIVE.SYS
Versi 5.0
Kegagalan IBM dalam mempertahankan IBM PC tidak membuat microsoft berhanti untuk melakukan perkembangan. Pada tahun 1991 MS-DOS versi 5.0 kemballi dirilis oleh microsoft. Pda versi 5.0 MS-DOS juga memiliki fitur yang jauh lebih dari versi-versi pendahulunya, seperti untuk device driver yang dapat diinstal pada area memory diatas 640K(HMA) dengan parameter DEVICEHIGH pada berkas konfigurasi CONFIG.SYS dan LOADHIGH pada AUTOTEXEC.BAT sehingga memungkinkan untuk menjalankan program yang membutuhkan memori. Pada versi 5.0 mendapatkan penambahan file DOSHELL.EXE;DOSKEY.EXE;EDIT.COM;EXPAND.EXE;MWUNDEL.EXE;QBASIC.EXE;MWUNDEL.EXE;UNDELETE.EXE;UNFORMAT.EXE.
Versi 6.0
Versi 6.0 yang dibuat pada bulan Maret 1993 dan memilki lebih banyak fitur utilitas tambahan, seperti antivirus(MSAV.EXE), viris protection (VSAFE.COM) yang mengadopsi dari PC-Tools, penambahan untuk defragmentasi hardisk (DEFRAG.EXE), Pemeriksa hardisk dari kesalahan penempatan dan kerusakan (SCANDISK.EXE) serta penyempurnaan dari versi sebelumnya dan penambahan beberapa file, DBLSPACE.EXE;DEFRAG.EXE;EMM386.EXE;MSAV.EXE;SCANDISK.EXE;VSAFE.COM.
Versi 6.20
Maret 1993, pada versi ini digunakan untu mengurangi file DBLSPACE.EXE karena bermasalah hak paten dengan Stac Tecnology sebagai pemilik file tersebut.
Versi 6.22
Pada versi ini MS-DOS menambahkan file DRVSPACE.EXE yang dugunakan untuk mengganti file DBLSPACE.EXE. pada tahun 1994
Versi 7.00
Dibuat pada bulan April tahun 1995, yang hampir bersamaan dengan diluncurkanya Windows 95. Windows 95  adalah sebuah versi Windows yang berdiri terpisah dari MS-DOS, namun tidak sepenuhnya terlepas dari MS-DOS hanya beberapa fungsionalitas yang sebelumnya ditangani oleh kernel MS-DOS, berpindah menjadi ditangani oleh Windows.
Versi 7.10
Pada tahun yang sama ketika microsoft meluncurkan Windows 98, microsoft juga meluncurkan versi DOS 7.10 dengan dukunngan untuk FAT32 yang jauh lebih efisien dari FAT16. Fungsi yang dimilki MS-DOS 7.10 banyak dipangkas hingga pada akhirnya pada tahun 1999, microsoft merilis versi Windows baru yang benar-benar tanpa DOS dengan nama kode Georgia (Windows Milenium Edition). Maka berakhirlah karya MS-DOS pada dunia perkomputeran yang kemudian dilanjtkan oleh perjuangan Windows. Untuk selanjutnya bisa kita pelajari tentang Sejarah Microsoft Windows.

baca juga :
Sejarah Komputer Generasi Pertama (1)Sejarah Komputer Generasi Ke Dua (2)Sejarah Komputer Generasi Ke Tiga (3); Sejarah Komputer Generasi Ke Empat (4); Sejarah Sistem Operasi MS-DOS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar