Language

Rabu, 14 Maret 2012

Sejarah Komputer/Generasi Pertama/Cara Belajar Komputer dan Teknologi

           Komputer dalah salah satu perangkat elektronik yang di gunakan untuk mebantu pekerjaan manusia, komputer yang awalnya hanya di gunakan oleh orang2 tertentu saja, namun seiring dengan berjalanya waktu dan perkembagan teknologi yang sangat cepat, maka saat ini komputer telah menjelma menjadi sebuah kebutuhan pokok bagi sebagaian orang di selruh belahan dunia. hampir seluruh pekerjaan di dukung dengan perangkat komputer.
Mungkin telah banyak orang yang mengetahui apa itu komputer dan telah banyak pula orang menggunakanya, tetapi tidak menutup kemungkinan sebagian dari mereka tidak mengetahui sejarah dari komputer, bagaimana komputer diciptakan dan bagaimana cara komputer berkembang.
komputer diciptakan dengan tujuan untuk membantu meringankan tugas manusia atau membantu seseorang agar dapat melakukan perhitungan atau melakukan pengolahan data agar lebih cepat.
Saat ini kita bisa menjumpai berbagai jenis dan macam komputer dengan keunggulan dan kecanggihanya masing2. Tetapi sesunggunya kmputer bukanlah barang instan yang langsung tercipta seperti sekarang yang banyak kita jumpai, tidak haya sebuah negara dengan kemerdekaanya komputer juga memiliki sejarah, perkembangan dan melalui evolusi yang panjang, dari mulai alat penghitung tradisional/manual (mungkin pada jaman dulu menghitung masih menggunakan jari/alat yang lain secara manual), alat penghitung mekanik, alat penghitung elektronik berupa kalkulator atau sejenisnya ayang mencetuskan ide2 para ahli elektronik sehingga mampu menciptakan satu alat yang kita sebut komputer.
Evolusi komputer terbagi menjadi beberpa tahapan dan generasi atau periodenya masing2 : 
  • berawal dari perhitungan trasional.
  • berkembang menjadi kalkulator mekanik dan elektronik.
  • komputer gnerasi pertama.
  • komputer geerasi ke dua.
  • komputer generasi ke tiga
  • komputer generasi ke empat
  • menuju komputer generasi ke lima.

1. SEJARAH KOMPUTER GENERASI PERTAMA

 
Perang Dunia Ke Dua, adalah salah satu sejarah dunia yang ikut mempengaruhi berkembangnya komputer hinggga seperti yang banyak kita jumpai pada masa kini. Negara-negara yang yang ikut terlibat dalam perang Dunia ke Dua tersebut, berusaha untuk mengembangkan komputer semaksimal mungkin dalam kemampuanya mengatur srategis yang dimiliki komputer, hal tersebut  memperngaruhi peningkatan pendanaan secara besar-besaran sehingga mempercepat pertumbuhan, perkembangan dan kemajuan komputer. Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman salah satu dari beberapa orang yang berperan dalam perkembangan komputer. Pada tahun 1941 membangun komputer yang diberi nama Z3 untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
Tidak hanya Kornard Zuse yang berusaha untuk mengembangkan dan mengisi perjalanan dari sejarah komputer pada masa itu. Namun pihak sekutu juga berusaha untuk membuat kemajuan lain untuk meningkatkan kemampuan komputer. Pada tahun 1943, Inggris berhasil membangun sebuah komputer untuk memecahkan kode-kode rahasia yang diberi nama dengan Colossus. Namun sebenarnya Colossus tidak terlalu berpengaruh dalam perkembangan komputer karena Colossus diciptakan bukan sebagai komputer serba guna, dan keberadaan Colossus juga dirahasiakan hingga satu dekade perang telah selesai.
Amerika Serikat, Pada tahun 1900 s.d 1973 seorang insinyur Havard yang bernama Howard H. Aiken yang bekerjasama dengan IBM, menciptakan kalkulator elektronik untuk US Navy. Komputer tersebut diberi nama The Havard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau yang dikenal dengan sebutan Mark I. Mark I memilki ukuran yang cukup besar dengan panjang sekitar setengah lapangan sepak bola dan rentang kabel hingga mencapai 500 mil. kemampuan perhitunganya juga cukup lambat hanya mencapai 3-5 detik untuk setiap perhitungan.
Perkembangan lain pada masa itu adalah komputer dengan nama ENIAC (Electronic Numerical Intergerator and Computer) yang dihasilkan dari kerjasama antara pihak Amerika Serikat dan University of Pennsylvania, komputer ENIAC terdiri dari 18.000 tabung vakum, 5 juta titik solder dan membutuhkan daya yang sangat besar mencapai 160KW, sehingga ENIAC memiliki ukuran yang sangat besar. Namun dari ukuranya yang sangat besar ENIAC juga memiliki kemampuan serba guna ( general purpose computer) dan mampu bekerja 1000 kali lebih cepat dibanding dengan komputer Mark I. ENIAC dirancang oleh John W. Mauchy pada tahun 1907-1980 Jhon Presper pada tahun 1919-1995.
Pada tahun 1940-an, john von Neuman bergabung dengan University Pennsylvania untuk menciptakan kkomputer dengan konsep hingga 40 tahun yang akan datang bisa digunakan. Von Neuman berhasil mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori penyimpanan sehingga memungkinkan komputer dapat berhenti bekerja kemudian melanjutkan pekerjaanya kembali. Kunci kesuksesan Neuman adalah unit pemrosesan central (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer dikoordinasikan pada satu sumber tunggal. Pada tahun 1951 Dwilight D. Berhasil menciptakan komputer komersial pertama dengan memanfaatkan konsep dari Von Neuman.
Ciri-ciri komputer generasi pertama adalah pada instruksi operasi yang dibuat secara spesifik untuk tugas tertentu, setiap komputer memilki kode biner yang berbeda sehingga sulit untuk di program dan memilki keterbatasan kecepatan, selain itu komputer pada generasi pertama juga memiliki ciri dengan ukuran yang sangat besar, dikarenakan penggunaan tabung vakum dan silinder magnetik yang berfungsi sebagai penyimpanan data.
 Nah berikut sekilas tentang sejarah komputer yang sedikit saya ketahui, bagi para pembaca mungkin ada yang ingin menyempurnakan??maka sebuah tulisan akan menjadi lebih sempurna pula,,,,,,,,,,ayo buka pengetahuan seluas-luasnya.........

Baca Juga : 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar