Language

Jumat, 16 Maret 2012

Sejarah Komputer/Generasi Ke Dua/Cara Belajar Komputer dan Teknologi


Penemuan transistor oleh Walter Houser Brattain bersama John Bardeen dan William Shockley yang kemudian mendapatkan nobel pada tahun 1956 ikut melengkapi perjalanan sejarah komputer dan perkembanganya. Pada tahun 1956 para ahli komputer mulai memakai transistor pada  televisi, radio dan komputer yang awalnya menggunakan Tube vakum sehingga memilki ukuran cukup  besar, dengan penggunaan transistor komputer dapat dibuat dengan ukuran yang lebih kecil. Termasuk penemuan memori inti magnetik. Pada era komputer kedua inilah penggunaan bahasa asembly mulai menggantikan bahasa mesin yang rumit dan sulit untuk dipahami. Bahasa asemblya adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singkatan untuk menggantikan kode-kode biner.
Pada era komputer generasi ke dua, IBM menciptakan mesin super komputer yang diberinama Stretch, dan Sprey-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer yang dikembangkan untuk laboraturium atom ini dapat menangani data yang besar. Namun mesin komputer LARC memiliki harga yang sangat mahal, sehingga jumlah komputer ini pun sangat terbatas dan kurang populer. Hanya ada dua komputer LARC yang pernah digunakan yaitu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California dan di US Navy Research and Development Center di Washington DC.
Baru pada awal tahun 1960-an, komputer-komputer generasi ke dua mulai banyak digunakan dan sukses di bidang bisnis, universitas dan pemerintahan. Komputer-komputer ini juga dapat di asosiasikan dengan komputer pada saat ini seperti printer, disket, memory, sistem operasi dan program. Pada tahun 1965, bisnis-bisnis besar hampir seluruh menggunakan komputer generasi ke dua sebagai alat untuk mengolah data, informasi dan keuangan. penggunaan bahasa pemrograman, menjadikanya lebih fleksibel dengan komputer. Felksibelitas inilah yang meningkatkan kinerja komputer menjadi lebih baik dan dengan harga yang sesuai untuk bisnis. Pada masa komputer generasi ke dua, mulai bermunculan bahasa pemrograman seperti COBOL (Comon Busines Language), FORTRAN (Formula Trasnlator). Pada komputer generasi kedua ini juga mulai bermunculan berbagai macam perangkat lunak.
Berikut sekilas tentang gambaran komputer generasi ke dua, berikutnya untuk sejarah komputer genrasi ke TIGA bisa kita baca di link berikut : Sejarah Komputer Generasi Ke Tiga (3), Sejarah Komputer Generasi Ke Empat (4) atau ingin kembal Sejarah Komuter Generasi Pertama (1)
Sejarah Komputer Generasi Ke Dua (2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar