Language

Minggu, 01 April 2012

SEJARAH WINDOWS BAGIAN 2/KOMPUTER DAN TEKNOLOGI/CARA BELAJAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI


Sejarah Windows Bgian 2

Versi 3.0
Tahun 1990, Windows versi 3.0 dirilis. Dalam versi ini Windows mulai memperkenalkan penggunaan virtual memory sehingga menjadikan kemampuan Windows yang semakin meningkat terhadap aplikasi Windows, selain itu pada versi 3.0 mampu menjalankan aplikasi MS-DOS secara multi-tasking (bersamaan).
Windows 3.0 juga hadir dalam versi multimedia dengan sebutan “Windows 3.0 with multimedia extension 1.0” dalam versi mltimedia dibundel dengan “multimedia upgrade kit” yang terdiri atas CD-ROM dan suond card. Versi ini merupakan perintis dari fitur-fitur windows untuk selanjutnya. Windows 3.0 menjadi sumber pemasukan utama Microsoft dan membuat microsoft melakukan revisi dari rencana awalnya.

Microsoft + IBM dengan OS/2
Pada pertengahan tahun 1980an, IBM bekerjasama dengan Microsoft untuk mengembangkan sistem operasi penerus DOS yang dijuluki dengan IBM OS/2. OS/2 adalah sebuah sistem operasi yang dapat menggunakan semua kemampuan dari microprosesor intel 80286 dan mampu mengakses memory hingga 16 megabyte. Pada tahun 1987 OS/2 1.0  kembali dirilis, untuk versi OS/2 1.0 memiliki fitur swapping dan multitasking dan juga mengijinkan aplikasi MS-DOS berjalan diatasnya.
OS/2 1.0 hanya berbasis modus teks (commandline), baru kemudian pada tahun 1987 versi pengembangnya dirilis yaitu, versi OS/2 1.1 yang menawarkan antarmuka grafis. Selanjutnya OS/2 1.2 dirilis pada tahun 1989 dan memperkenalkan sebuah sistem baru yang disebut High Performance File System (HPFS), yang bertujuan untuk menggantikan File Alocation Table (FAT).

Akhir kerjasama IBM dan Microsoft  (lahirnya Windows NT)
Tak ada yang abadi, itulah kata yang tepat untuk dunia ini, ada kerjasama ada juga perpisahan. Berawal dari sebuah keinginan masing-masing pihak, IBM dengan keinginanya untuk semua pekerjaan masa depanya harus berdasarkan dengan OS/2, sementara Microsoft menghendaki pembangunan lebih lanjut dengan sistem Windows buatanya. Sempat melakukan persetujuan antar keduanya untuk menangani masalah tersebut, yaitu IBM akan mengembangkan OS/2 2.0 untuk menggantikan versi 1.3 dan Microsoft mengembangkan OS/2 2.0 sistem baru OS/2 3.0 yang akan menggantikan versi OS/2 2.0.
Tetapi usaha tersebut tetap tidak membuahkan hasil dan tidak berlangsung lama dan hubungan antara Microsoft dan IBM pun dihentikan. IBM memutuskan untuk terus mengembangkan ciptaanya dan Microsoft merubah rencana dengan mengganti nama OS/2 3.0 yang belum sempat dirilis menjadi Windows NT, dan lahirlah sistem operasi Windows NT. 

Windows 3.1
Dikembangkanya Versi Windows 3.1  oleh Microsoft, merupakan respon dari dirilisnya OS/2 2.0 oleh IBM ke pasaran. Windows 3.1 memiliki peningkatan kemampuan yang telah dimiliki oleh Windows versi sebelumnya (windows 3.0), adapun beberapa peningkatan kemampuan tersebut diantaranya, kemampuan untuk menampilkan font TrueType Font, yang dikembangkan bersama Apple. Microsoft pun merilis Windows 3.11 sebagai perbaikan dan penyempurna Windows 3.1 pada tahun 1992.

 Windows For Work Groups
Diperlirakan pada waktu yang sama, kembali Microsoft merilis Windows For Workgroups, yang tersedia baik sebagai tambahan untuk Windows 3.1 dan sebagai versi yang didalamnya mencakup dasar Windows dan kemampuan jaringan dalam satu paket. Windows For Workgroups memiliki driver jaringan komputer dan stock protokol yang lebih baik dan juga mendukung jaringan secara peer-to-peer. Stack Protocol TCP/IP adalah salah satu download oposional untuk Windows For Work Groups dengan nama kode “Wolverine”, yang mengijinkan akses internet melalui jaringan korporat. Windows For Workgroups dirilis dengan dua versi yaitu, versi 3.1 dan 3.11, versi 3.11 hanya bisa berjalan di atas modus 386 Enhanced, dan membutuhkan mesin prosesor intel 80386SX. Versi tersebut terus meningkatkan panjualan windows versi 3.x meskipun untuk versi 3.1x masih memilki banyak kekurangan yang sebelumnya telah dikoreksi OS/2. Seperti proteksi sistem terhadap kelakuan aplikasi yang tidak diinginkan. Namun secara cepat Microsoft dapat mngambil alih pasar GUI di pangsa pasar untuk IBM PC dan antek2nya. Windows API pun akhirnya menjadi standar de-facto untuk perangkat lunak konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar