Language

Selasa, 24 Juli 2012

PENGERTIAN DAN SEJARAH INTERNET/KOMPUTER DAN TEKNOLOGI

PENGERTIAN DAN SEJARAH INTERNET/KOMPUTER DAN TEKNOLOGI
INTERNET adalah singkatan dari Interconected Networking. Jika di artikan ke dalam bahasa Indonesia bisa dikatakan sebagai jaringan computer-komputer yang saling berhubungan. Beberapa peranan internet di dalam kehidupan diantaranya adalah sebagai berikut :
1.       Sebagai sumber informasi
2.       Sebagai sarana pertukaran data dan informasi, dengan internet kita dapat melakukan pertukaran data dan informasi secara cepat.
SEJARAH INTERNET
                Internet masih bisa dikatakan teknologi muda, kehadiranya masih bisa dilacak pada tahun 1967, yang bermula ketika Amerika sedang mengupayakan suatu jaringan yang bisa menghubungkan beberapa computer. Maka pada tahun tersebut dibuatlah proposal untuk proyek yang menjadikan computer-komputer di beberapa universitas saling berhubungan. Adapun jaringan tersebut diberi nama ARPANET. Perkembangan internet diawali dengan perkembangan TCP (Transmission Control Protocol) dan IP (Internet Protocol).
ARPANET awalnya merupakan jaringan yang dibuat untuk kepentingan militer dengan didanai oleh ARPA (advanced research projects agency) dari departeman pertahanan Amerika Serikat. ARPANET sering disebut-sebut sebagai cikal bakal internet.
ARPANET berkembang dan menyebar di beberapa universitas. Pada tahun 1971 ARPANET memiliki 15 situs dengan 23 host di berbagai institusi dan universitas yaitu : CWRU, CMU, NASA/Ames, UCLA, SRI,UCSB, Utah University, BBN, MIT, RAND, SDC, Harvard, Loncoln Lab, Stanford, UIU(C).
Secara kronologis perkembangan internet dapat di urut seperti berikut :
Tahun 1965 Larry Robert dan Thomas Marill, berhasil membuat koneksi WAN (Wide Area Networking) yang pertama kalinya. Dengan dibuktikan bahwa jaringan telepon dapat digunakan untuk transfer data. Mereka berhasil menghubungkan computer TX-2  di MIT dengan computer Q-32 di Santa Monica melalui jaringan telepon. Tetapi pengiriman data melalui jaringan telepon memiliki kelemahan menghabiskan bandwidth dan memiliki resiko biaya yang mahal. Tahun 1966 Bob Taylor dari ARPA berhasil membuat jaringan yang disebut dengan ARPANET. Jaringan itu kemudian menjadi cikal bakal lahirnya internet. ARPANET pertama kali online pada tahun 1969 dan menghubungkan computer-komputer di berbagai universitas di bagian barat daya Anerika Serikat, antara lain University of California Los Angles (UCLA), Stnadford research Institute, University of California Santa Barbara, dan University of Utah.

Pada tahun 1969, lembaga riset dibawah Departemen Pertahanan tersebut memberikan dana riset pengembangan jaringan komunikasi data antar computer. Lembaga riset tersebut bernama DAPRA (Defense Advance Research Project Agnecy).
Aplikasi internet yang pertama kali digunakan adalah File Transfer Protokol (FTP). Aplikasi e-mail elektronik ditemukan sesudahnya, sebuah aplikasi yang memungkinkan untuk pengiriman surat dengan kecepatan tinggi. Aplikasi ini dibuat pada tahun 1970.

Tahun 1971, The Networking Group menyelesaikan protocol Telnet, protocol yang digunakan untuk mengakses sebuah computer dari jarak jauh. Selain itu The Networking Group juga membuat kemajuan pada standart File Transfer Protokol (FTP), protocol yang digunakan untuk mendownload file.

Tahun 1972, Ray Tomilson dari BNN menulis program yang dapat mengirimkan surat secara elektronik melalui ARPANET. Dia menggunakan symbol @ untuk menghubungkan nama pengguna (username) dan alamat e-mail. Pada akhir tahun 1980-an, symbol @ kemudian dijadikan sebagai standar diseluruh dunia.

Tahun 1973, dimulai pengembangan sebuah protocol yang dipimpin oleh Vonton Cerf dari Standford don Bob Kahn dai DAPRA. Protocol yang dikembangkan oleh kedua orang tersebut kemudian disebut dengan TCP/IP. Prptokol tersebut memungkinkan dua jaringan computer yang berbeda dapat berkoneksi dan berkomunikasi satu dengan yang lain.

Tahun 1979, USENET berdiri yang awalnya hanya menghubungkan Universitas Dike dan UNC.
dalam perjalananya , ARPANET berkembang semakin besar. Protocol yang digunakan pada waktu itu yaitu NCP (Network Comunication Protokol), ternyata sudah tidak mampu menampung jumlah computer yang semakin besar tergabung ke jaringan. DAPRA kemudian memberikan dana kembali pada ARPANET untuk melakukan riset guna mengatasi masalah teserbut.

Tahun 1983, DAPRA dan ARPANET menyatakan bahwa protocol TCP/IP adalah protocol standar untuk jaringan.

Tahun 1984, terjaring lebih dari 1.000 komputer di internet. Karena jaringan yang sudah semakin membesar, system penamaan lama yakni host table sudah tidak memungkinkan untuk mengatur system penamaan host. Kemudian diperkenalkan system penamaan baru yaitu DNS (Domain Name System) yang digunakan sampai saat ini.

Tahun 1986, internet mulai digunakan secara terbuka untuk umum. Setelah itu penggunaan internet menyebar dengan cepat ke seluruh dunia.

Tahun 1987, berdirlah UUNET yang saat ini merupakan salah satu perusahaan provider utama internet. Pada tahun tersebut terdapat 10.000 komputer yang terhubung ke jaringan UUNET.

Tahun 1991, ditemukan aplikasi yang berjalan di internet seperti WAIS (Wide Area Information Servers), Gopher, dan aplikasi yang sekarang menjadi promadona pengguna internet, yaitu www (World Wide Web).

Tahun 1993, dekembangkan aplikasi browsing yang disebut mosaic oleh NCSA (National Center Supercomputing Applications). Disusul kemudian dengan Netscape Corp yang melahirkan browser Netscape. Microsoft kemudian mengembangkan browser Internet Explorer.

Dikutip pada tanggal 23 Juli 2012 dari sebuah  buku  yang berjudul “Menggunakan Internet, A. Solihat, yang diternitkan oleh Gaza Publishing” .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar