Language

Selasa, 20 Maret 2012

Sejarah Komputer/Generasi Ke Empat/Cara Belajar Teknologi Komputer

Tidak puas dengan hasil komputer pada generasi ke Tiga, para ilmuwan terus mencoba untuk mengembangkan komputer hingga secanggih mungkin. Setalah ditemukanya IC dan mulai digunakanya IC pada perangkat komputer, para ilmuwan semakin terinspirasi untuk membuat si perangkat masa depan ini menjadi semakin canggih dan semakin kecil, sehingga memungkinkan harga komputer menjadi lebih terjangkau dan komputer dapat digunakan orang-orang biasa, tidak hanya menjadi alat yang dipakai oleh perusahaan-perusahaan besar dan lembaga pemerintahan saja.
ULSI (Ultra Large Scale Integration), mampu mamuat jutaan komponen ke dalam satu chip yang hanya berukuran setengah dari uang logam. Dari hal tersebut semakin menjadikan ukuran semakin kecil dan harga yang menjadi semakin murah. Selain harga dan ukuran komputer yang semakin menurun hal ini juga dapat meningkatkan daya kerja, efisiensi dah kehandalan komputer.
ULSI mampu memuat jutaan komponen ke dalam satu chip tunggal, tidak secara instan langsung dapat memasukan komponen dalam hitungan juta, namun melalui proses yang sebelumnya dikembangkan oleh LSI (Large Scale) yang mampu memuat ratusan komponen, dan VLSI ( Vey Large Scale) pada tuhun 1980 yang mampu memuat ribuaan komponen.
Pada tahun 1971, Intel 4004 memberikan dampak besar pada perkembangan IC dan sejarah perkembangan komputer generasi ke Empat. Intel 4004 mampu meletakan seluruh komponen yang dibutuhkan oleh komputer dalam satu chip yang sangat kecil. Sbenarnya sebelum itu IC hanya diciptakan untuk kebutuhan secara spesifik saja tetapi sekarang sebuah microprosesor dapat diciptakan dan diprogram untuk memenuhi kebutuhan yang diinginkan.
Dengan perkembangan yang sangat cepat kini komputer dapat digunakan oleh semua kalangan dari perusahaan besar hingga orang-orang awam. Hal ini mendorong para perakit komputer mulai menawarkan komputer-komputer ciptaan mereka kepada masyarakan umum, komputer yang mereka jual satu paket bersama perangkat lunak yang mudah digunakan untuk kalangan umum.
Pada tahun 1981, Personal Computer (PC) mulai dikanalkan oleh IBM untuk digunakan di rumah, kantor, dan di sekolah. Pada tahun ini penggunaan PC hanya mencapai sekitar dua juta unit, namun dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan melonjak menjadi 5,5 juta unit. Dalam kurun waktu sepuluh tahun penggunaan PC meningkat pesat hingga mencapai 65 juta unit. Komputer terus, bervolusi berawal dari komputer yang berukuran sangat besar hampir setengah lapangan sepak bola, dekstop komputer(komputer yang diletakan di atas meja) hingga komputer yang bisa di bawa kemana-mana atau yang sering di juliki dengan laptop.
Komputer Generasi Pertama (1) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar